Search Your Keywords Here

Custom Search

Thursday, January 22, 2009

DIET SEHAT DENGAN MEMAKAN BUAH-BUAHAN

Slimming Body To Fitness



Ketika ini banyak program diet yang menjanjikan badan menjadi sehat dan langsing. Bagaimanapun kita kena berhati-hati dalam memilih program diet yang sesuai karena impian tubuh sehat dan langsing boleh musnah jika kita silap memilih program diet.

Kita tidak boleh menyekat pengambilan sesatu jenis makanan tertentu seperti hanya memakan buah-buah dan sayur-sayuran sahaja, karena badan kita akan kekurangan zat lainnya yang diperlukan seperti protein, karbohidrat, dan lainnya. Oleh karena itu, diet dengan buah-buahan juga harus diimbangi dengan pengambilan makanan yang lain.

Memakan banyak sayuran dan buah segar dapat menambah fiber atau serat yang akan dapat pula menghindarkan kita dari serangan jantung dan kanker.

Senarai 9 jenis buah-buahan yang bermanfaat seperti berikut:

1. Epal

Epal mengandungi karbohidrat, kaya pektin (sejenis serat), flavonol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan anti-kanser, juga mengandungi bahan anti-radang yang bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis.



Strawberi

Strawberi mengandung ellagic acid sebagai anti-oksidan yang terbukti dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, osephagus, payudara, cervix dan lidah.

Strawberi banyak mengandung vitamin C.



Pisang

Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang diperlukan untuk membina serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit, menekan nafsu makan, dan membuat merasa relaks dan mengurangi ketegangan.

Pisang juga sering digunakan untuk menyembuhkan bisul perut selain ianya mengandungi banyak karbohidrat, sedikit mengandung karotin, vitamin C dan kaya dengan potasium.

Tembikai

Tembikai mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai anti-kanser. Tembikai merah dan kuning juga mengandungi karotenoid yang dapat melindungi sel badan dari kerusakan radikal bebas dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam badan.

Tembikai juga mengandung vitamin C.

Mangga

Mangga mengandung karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, sejenis antio-ksidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanser seperti kanser usus dan kanser tulang tengkuk.

Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid, serat, dan vitamin C.

Kiwi

Kiwi mengandung pigmen yang disebut chlorophyll yang memberikan buah tersebut warna hijau. Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanser.

Satu buah kiwi sudah cukup untuk memenuhi persyaratan pengambilan vitamin C orang dewasa.

Plum

Plum mengandungi phytochemical yang disebut ferulic acid, yang memiliki senyawa anti-kanser.

Penelitian menujukkan banyak pengambilan ferulic acid dapat membantu menurunkan risiko kanser usus. Plum merupakan buah yang kaya serat dan potasium.

Anggur

Kulit anggur mengandungi phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung, anti-kanser, anti-bakteria, dan mengandungi antioksidan.

Anggur memiliki kandungan serat dan vitamin C yang rendah.

Nenas

Nanas mengandungi enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menghuraikan protein. Nenas sering diguna sebagai bahan pelembut daging selain berguna membantu pencernaan, menguraikan pembekuan darah, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing.

Nenas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandungi kadar gula yang tinggi.

Sumber : suarapembaruan.com & gizi.net)

Slimming Body To Fitness

No comments:

Post a Comment